RI Transisi Menuju Endemi, Vaksinasi Covid-19 Kembali Digencarkan di 12 Wilayah Riau

Badan Intelijen Negara (BIN) menggalakkan vaksinasi di Provinsi Riau pasca libur Idul Fitri. Penahanan Covid-19 ini diintensifkan sebagai persiapan masa transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemik.

Brigjen Amino Setya Budi, Kepala BIN Daerah (Kabinda) Riau, mengatakan pihaknya meningkatkan vaksinasi di 12 kota/kabupaten secara serentak. Lokasi-lokasi tersebut adalah Pekanbaru, Siak, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Pelalawan dan Meranti. Juga Kuansing, Kampar, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Dumai Bus Bengkalis.

Menurutnya, metode penjemputan yang sedang digencarkan di masyarakat sangat efektif dalam meningkatkan keberhasilan vaksinasi.

Kami akan melanjutkan program vaksinasi meskipun kami membuka stand vaksin di tempat-tempat ramai. Kami juga memanfaatkan posko Idul Fitri sebagai tempat pemberian vaksin. Hal ini kami lakukan agar keberhasilan imunisasi di Riau bisa maksimal,” kata Amino dalam keterangan tertulis, Jumat (13/5).

Jenderal berbintang satu ini menjelaskan, data Kementerian Kesehatan pada Jumat (13/5/2022) menunjukkan bahwa dosis dasar nasional vaksinasi di Indonesia telah mencapai 165.969.135 dosen atau 79,71 persen. Sementara refresh mencapai 20,14 persen.

Ia memastikan pencapaian tujuan dapat terus ditingkatkan agar persiapan menghadapi wabah Covid-19 berjalan lancar.

“Kami optimis imunisasi yang terus kami berikan dapat memenuhi target imunisasi secara keseluruhan, khususnya untuk vaksinasi booster. Dengan cara ini kita bisa menjaga tingkat kepositifan di bawah satu persen,” jelasnya.

Ia juga mencontohkan bahwa Covid-19 dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat. Salah satunya dengan melakukan booster dose dan menerapkan protokol kesehatan saat berkendara.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.