Waspada Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Kebumen

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jawa dalam dua hari ke depan. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan air, Polres Kebumen berkonsentrasi melakukan patroli di sepanjang pantai selatan.

BMKG memperkirakan tinggi gelombang bisa mencapai 2,5 meter atau 4 meter.

Peringatan gelombang tinggi BMKG berlaku mulai 12 Mei 2022 dengan bus pukul 07.00 WIB hingga 14 Mei 2022 pukul 07.00 WIB.

Statistik berdasarkan informasi dari BMKG Peringatan dini gelombang tinggi diperkirakan terjadi di Samudera Hindia bagian selatan dan perairan selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Seiring dengan peringatan dini BMKG, Polres Kebumen menghimbau kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan atau nelayan yang hendak menangkap ikan agar lebih waspada. Karena setelah libur lebaran, wisata pantai masih ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kabag Subsidi Penmas Polres Kebumen, Aiptu S. Catur Nugraha mengatakan, patroli polisi sektor yang memiliki wilayah pesisir sudah diperintahkan.

“Kami telah mengarahkan patroli polisi ke pantai untuk memantau dan mengimbau masyarakat agar lebih waspada,” kata Aiptu Catur, Kamis (5/12/2022).

Selain himbauan kewaspadaan, polisi juga memasang rambu larangan mandi laut di objek wisata pantai.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.